TGV adalah kereta cepat Prancis (bahasa Prancis: train à grande vitesse, yang berarti kereta kecepatan tinggi). Dikembangkan oleh Alstom dan SNCF, dan dioperasikan oleh SNCF, Perusahaan rel Nasional Prancis. Kereta ini menghubungkan kota-kota di Prancis terutama Paris, dan juga negara-negara tetangga, seperti Belgia, Jerman, dan Swiss. Kereta TGV diproduksi oleh Alstom.
TGV adalah kereta penumpang, namun ada juga yang digunakan untuk pengiriman surat antara Paris dan Lyon.
Ide TGV pertama kali diusulkan pada 1960-an. Prototipe pertama, dikenal dengan TGV 001, menggunakan turbin gas dan memproduksi listrik sendiri dari minyak, tapi setelah krisis energi 1973 dan peningkatan harga minyak yang tinggi, ide ini dianggap tidak praktis. Prototipe listrik pertama diselesaikan pada 1974, dengan versi akhir diantar pada 1980 dan pelayanan pertama dibuka umum antara Paris dan Lyon pada 27 September 1981.
Sejak itu, jalur lain menuju Tours/Le Mans, Calais, Brussels dan Marseille telah dibuka. Jalur menuju Strasbourg sedang dalam pembangunan. Dan juga jalur lain ke luar Prancis yang sedang dibangun ada menuju London, Cologne, dan Amsterdam. Pengembangan lebih lanjut ke spanyol dan Italia masih dalam perencanaan.
TGV bukan kereta cepat pertama, karena Shinkansen Jepang yang menghubungkan Tokyo dan Osaka telah dibuka sejak 1 Oktober 1964, hampir 17 tahun lebih awal dari TGV.
Teknologi TGV telah diadopsi beberapa negara:
Thalys, menghubungkan Perancis ke Belgia, Jerman dan Belanda.
Eurostar, menghubungkan Britania Raya ke Perancis dan Belgia.
AVE, jaringan kecepatan tinggi di Spanyol.
KTX, jaringan kecepatan tinggi di Korea Selatan.
Acela Express, kereta mengambang kecepatan tinggi di Amerika Serikat yang menggunakan teknologi motor TGV (meskipun lainnya tidak berhubungan).
Jalur TGV telah menggantikan trafik udara antara kota-kota yang telah terhubung. Brussel-Paris dalam 90 menit telah meningkatkan perjalanan antara dua ibukota, dan jalur Paris-Marseille memotong jam perjalanan.
Ide TGV pertama kali diusulkan pada 1960-an. Prototipe pertama, dikenal dengan TGV 001, menggunakan turbin gas dan memproduksi listrik sendiri dari minyak, tapi setelah krisis energi 1973 dan peningkatan harga minyak yang tinggi, ide ini dianggap tidak praktis. Prototipe listrik pertama diselesaikan pada 1974, dengan versi akhir diantar pada 1980 dan pelayanan pertama dibuka umum antara Paris dan Lyon pada 27 September 1981.
Sejak itu, jalur lain menuju Tours/Le Mans, Calais, Brussels dan Marseille telah dibuka. Jalur menuju Strasbourg sedang dalam pembangunan. Dan juga jalur lain ke luar Prancis yang sedang dibangun ada menuju London, Cologne, dan Amsterdam. Pengembangan lebih lanjut ke spanyol dan Italia masih dalam perencanaan.
TGV bukan kereta cepat pertama, karena Shinkansen Jepang yang menghubungkan Tokyo dan Osaka telah dibuka sejak 1 Oktober 1964, hampir 17 tahun lebih awal dari TGV.
Teknologi TGV telah diadopsi beberapa negara:
Thalys, menghubungkan Perancis ke Belgia, Jerman dan Belanda.
Eurostar, menghubungkan Britania Raya ke Perancis dan Belgia.
AVE, jaringan kecepatan tinggi di Spanyol.
KTX, jaringan kecepatan tinggi di Korea Selatan.
Acela Express, kereta mengambang kecepatan tinggi di Amerika Serikat yang menggunakan teknologi motor TGV (meskipun lainnya tidak berhubungan).
Jalur TGV telah menggantikan trafik udara antara kota-kota yang telah terhubung. Brussel-Paris dalam 90 menit telah meningkatkan perjalanan antara dua ibukota, dan jalur Paris-Marseille memotong jam perjalanan.
Sumber : http://wapedia.mobi/id/Train_%C3%A0_grande_vitesse
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon Tuliskan Meskipun 1 Paragraf